8 Cara Unik dan Sederhana untuk Menikmati Musim Liburan

08 Jul 8 Cara Unik dan Sederhana untuk Menikmati Musim Liburan

Musim liburan, hal yang pertama kali hinggap dibenak kalian apa jika mendengar kata “liburan”? Pantai, travelling, hangout, piknik, liburan ke luar negeri atau kegiatan umum lainnya? Tapi ini ada loh kegiatan yang sebenarnya tidak lazim dilakukan saat liburan pada umumnya namun cukup menarik untuk dicoba. Sebenarnya ini cocok sih buat kamu-kamu yang lagi bokek hehehehe.

Sebelum liburan, tetapkan niat untuk musim liburan ini. Ini bisa seluas atau spesifik seperti yang kamu inginkan, tetapi luangkan waktu untuk mempertimbangankan bagaimana kamu ingin menghabiskan waktu liburan kali ini dan di mana kamu ingin memfokuskan waktu dan energi kamu. Berikut tindakan-tindakan sederhana yang patut dicoba selama kalian menghadapi musim liburan ini:

  1. Berlibur dengan Keluarga: Selama kita kuliah satu semester ini mungkin kita jarang sekali bercengkrama dengan orang-orang asal tempat tinggal kita. Kita seringkali menyepelekan hal semacam ini, padahal hal ini juga penting. Yap, keluarga dan teman lama. Cobalah untuk mengisi liburan ini dengan membantu ibu-ayah, bermain bersama adik-kakak, mengunjungi rumah nenek dan berkunjung ke rumah bibi. Hal sederhana ini mungkin terlihat agak biasa, tapi kebahagiaan berasal dari hal-hal kecil dan hal-hal terdekat. Cobalah untuk piknik atau melakukan kegiatan makan bersama dengan keluarga.
  2. Mengunjungi Teman Lama: Ada kalanya dalam hidup ini kita berpisah. Namun kemanapun kita pergi pasti ada orang-orang yang pernah mendampingi kita, pernah menemani kita walaupun itu di masa lampau, yap teman lama. Teman yang seringkali kita lupakan. Mungkin kita selama satu semester ini bergerumul dengan orang-orang baru, dengan orang-orang asing. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa teman lama adalah yang lebih tahu tentang kita. Cobalah mengunjungi teman-teman waktu TK, SD, SMP, SMA untuk sekedar bersilaturahmi dan berbagi pikiran tentang kehidupan yang sedang dijalani sambil minum teh dan ngemil kue. Hal sederhana ini dapat menjadi pengikat agar kita selalu berhubungan erat dengan teman kita. Ini juga disebut “kacang tidak lupa kulitnya” loh.
  3. Luangkan Waktu untuk Tidak Melakukan Apapun: Cobalah untuk bersikap gabut, bahkan beberapa saat yang tenang di sela-sela aktivitas, atau di akhir malam. Hal ini dapat mengurangi stress dan meningkatkan kesadaran dan suasana hati. Ingat: tidak melakukan apa pun tidak berarti memeriksa email atau mengobrol di telepon.
  4. Bernafas Saja: Kita menempatkan begitu banyak waktu untuk rapat, UAS, dan tugas yang telah dilakukan sehingga kita tidak dapat menikmati waktu. Kita perlu istirahat sebentar untuk menyegarkan diri. Misalnya, jika kamu menunggu sepotong roti keluar dari pemanggang, jangan melakukan tugas lain. Luangkan dua menit untuk bernafas. “Menghirup, aku tahu aku menarik nafas. Menghela nafas, aku tahu aku bernafas.” Cobalah lakukan hal ini meski sepele.
  5. Meditasi: Jangan menambahkan meditasi ke dalam daftar tugas kamu! Sebaliknya, anggap itu alat untuk meningkatkan pengalaman sehari-hari kamu. Bermeditasi sambil berdiri dalam barisan, saat memasak, atau saat berjalan di jalan. Meditasi teratur dapat meningkatkan fokus, mengurangi stress dan kecemasan, serta menawarkan kesenangan besar.
  6. Tidur yang Nyenyak: Cobalah untuk tidur serileks mungkin, jangan memikirkan apapun. Ini liburan. Coba istirahatkanlah tubuh kamu dalam waktu yang lama. Coba untuk lebih menyayangi tubuhmu, istirahatkanlah segalanya.
  7. Nikmati Waktu Nyamanm disaat Liburan Ini: Nikmati pemandangan, aroma, dan suara yang unik. Jangan lewatkan momen ajaib. Tidak ada yang tetap sama untuk dua momen berturut-turut. Heraclitus mengatakan kita tidak pernah bisa mandi dua kali di sungai yang sama. Konfusius, sambil melihat sungai berkata, “Itu selalu mengalir, siang dan malam.” Sang Buddha memohon kita tidak hanya untuk berbicara tentang ketidakkekalan, tetapi untuk menggunakannya sebagai instrumen untuk membantu kita menembus ke dalam kenyataan dan mendapatkan wawasan yang membebaskan.
  8. Bersyukur Dekatkan Diri kepada Yang Maha Kuasa: Studi terbaru menunjukkan bahwa berlatih bersyukur meningkatkan kesehatan, perspektif, dan hubungan. Berlatih bersyukur mengingatkan kita bahwa kita adalah bagian dari keseluruhan yang indah, didukung dan dicintai. Ketika Anda mulai merasa stress, sendirian, atau cemas, pertimbangkanlah hal-hal yang Anda syukuri