GAMASIS

Gamasis FH Unpad merupakan salah satu UKMF (Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas) yang ada di Fakultas Hukum Unpad.  Gamasis FH Unpad adalah singkatan dari Keluarga Mahasiswa Islam Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Berdiri pada 15 Desember 1991, Gamasis adalah salah satu UKMF tertua di Fakultas Hukum Unpad.

Hadirnya Gamasis diharapkan mampu mempererat ikatan persaudaraan antar civitas akademika FH Unpad serta Unpad sendiri dalam rangka menciptakan lingkungan FH Unpad yang islami. Dalam kurun waktu yang hampir seperempat abad ini, Gamasis hadir dengan berbagai macam program kerja yang bertujuan untuk mensyiarkan islam di FH Unpad. Dalam kurun waktu itu pula tampuk kepemimpinan Gamasis diisi oleh orang-orang terpilih yang diyakini mampu membawa Gamasis menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Biro Kesekretariatan

Beberapa tugas yang harus dikerjakan Biro Kesekretariatan adalah:

  1. Menjalankan pengarsipan data file, surat proposal, LPJ kegiatan, laporan berbagai macam hasil notulensi musyawarah atau rapat;
  2. Menata Kesekretariatan supaya tetap rapih dan apik;
  3. Bertanggung jawab terhadap arsip Gamasis FH UNPAD;
  4. Bertanggung jawab dan berkoordinasi dengan sekretaris umum.

Biro Media dan Informasi

Beberapa tugas yang harus dikerjakan Biro Media dan Informasi adalah:

  1. Mengelola akun-akun media sosial Gamasis (official account Line, Instagram, dan website);
  2. Memberitakan kegiatan-kegiatan Gamasis;
  3. Mendokumentasikan kegiatan-kegiatan Gamasis;
  4. Membuat keperluan desain biro dan departemen lainnya.

Biro Keuangan

Tugas dari Biro Keuangan adalah:

  1. Memonitor keuangan setiap acara Gamasis;
  2. Mengumpulkan dan mencatat kas anggota Gamasis;
  3. Bertanggung jawab atas segala pemasukan dan pengeluaran anggaran Gamasis.

Biro Kewirausahaan

Tugas yang harus dilaksanakan oleh Biro Kewirausahaan Gamasis adalah:

  1. Pembuatan jaket denim untuk internal Gamasis;
  2. Business plan (pengadaan jasa print Fakultas Hukum);
  3. Pencarian dana untuk internal Gamasis.

Departemen Penelitian dan Pengembangan

Departemen Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) merupakan unit kerja yang berorientasi pada pengembangan dan penelitian isu-isu aktual yang berkaitan dengan kajian ilmu hukum dan nilai-nilai ajaran agama Islam serta berupaya meningkatkan wawasan mahasiswa khususnya Keluarga Mahasiswa Muslim FH UNPAD melalui program kerja:

  1. Penelitian dan Penulisan Ilmiah
  2. Persiapan Pemilihan Delegasi MTQMM dari FH UNPAD

Departemen Keputrian

Departemen Keputrian merupakan sebuah Departemen yang berada di Gamasis yang bekerja di bidang keakhwatan (keputrian) yang menjadi sarana untuk menambah wawasan keilmuan dalam bidang keagamaan dan keterampilan bagi mahasiswa muslim untuk memberikan bekal agar kelak dapat mengetahui tugas dan peran seorang muslimah di lingkungan keluarga dan masyarkat.

Departemen Takmir Musholla

Tugas dari Departemen Takmir adalah:

  1. Merawat Musholla bersama dengan elemen mahasiswa yang terlibat di dalamnya;
  2. Mengawasi dan menjalankan segala bentuk kegiatan yang ada di mushola FH UNPAD;
  3. Memberikan fasilitas yang baik dalam mushola demi menjamin kenyamanan jamaah saat melakukan ibadah di mushola FH UNPAD.

Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia

Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia sesuai dengan namanya adalah Departemen yang bertugas dalam mengembangkan sumber daya manusia organisasi Gamasis. Selain itu, PSDM juga memiliki tanggung jawab dalam membina, menggali, serta mengoptimalkan sumber daya manusia dalam peran dan fungsinya sebagai mahasiswa muslim Fakultas Hukum termasuk juga menentukan wajah Gamasis kedepannya. Tugas dari Departemen PSDM adalah:

  1. Melakukan pembinaan terhadap mahasiswa Fakultas Hukum dengan adanya program mentoring yang berkualitas dan berkelanjutan;
  2. Mengadakan acara penyambutan untuk mahasiswa baru muslim Fakultas Hukum UNPAD dalam hal melakukan pengkaderan.

Departemen Hubungan Masyarakat

Tugas dari Departemen Hubungan Masyarakat adalah:

  1. Menggerakan kebaikan dalam wujud program pengabdian masyarakat dan program sosial lainnya;
  2. Menjalin silaturahmi dengan UKM lain di FH UNPAD, Alumni Gamasis, dan lembaga Dakwah kampus lain;
  3. Menjadi representasi LDKF di FH UNPAD baik di dalam maupun di luar kampus;
  4. Melaksanakan kegiatan yang bersifat kemanusiaan seperti bantuan untuk korban bencana.

Departemen Syiar dan Dakwah

Tugas dari Departemen Syiar dan Dakwah adalah membuat konten dalam media sosial Gamasis. Konten-konten tersebut adalah:

  1. Peringatan Hari Besar Islam;
  2. Artikel yang membahas isu viral keislaman;
  3. Kajian di bulan Ramadhan.

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

DESKRIPSI MUSLIM LEADERSHIP CAMP ( MLC )

Muslim Leadership Camp ( MLC ) merupakan salah satu acara yang berada dibawah naungan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran yaitu, Keluarga Mahasiswa Islam FH UNPAD atau yang lebih dikenal dengan (GAMASIS FH UNPAD ). Muslim Leadership Camp ( MLC ) adalah suatu kegiatan Gamasis dalam rangka menyambut hadirnya mahasiswa baru sekaligus membina supaya mampu meneruskan estafet dakwah Gamasis di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Yang didalam seluruh rangkaian kegiatannya ditanamkan nilai-nilai kebaikan yang perlu ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari.

Muslim Leadership Camp ( MLC ) diselenggarakan dilatar belakangi oleh suatu urgensi masalah yang kompleks dalam kehidupan di masyarakat, khususnya generasi muda sebagai generasi harapan nusa, bangsa, dan agama. Kegiatan MLC mempunyai esensi untuk berusaha mampu membina dan melakukan proses kaderisasi terhadap mahasiswa baru supaya dapat menjadi seorang pemimpin yang jujur dan amanah serta menjadi pemimpin yang baik menurut ajaran Islam dan juga bisa menyesuaikan diri dengan laju perkembangan zaman yang dinamis. Di tengah krisis kepemimpinan saat ini, adanya pemimpin yang jujur, amanah dan bertanggung jawab serta sesuai dengan syariat Islam sangat dibutuhkan untuk menciptakan kejayaan Islam dan Indonesia sendiri. Oleh karena itu, kegiatan MLC ini diharapkan menjadi titik awal untuk membentuk mahasiswa supaya menjadi pemimpin yang baik penerus bangsa ini.

Empty section. Edit page to add content here.
Empty section. Edit page to add content here.
Artikel