Mapanjala

165671

UKMF PPA Mapanjala adalah organisasi yang mewadahi pengembangan kegiatan penjelajah alam di lingkungan FH UNPAD

Visi PPA MAPANJALA

Sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kegiatan penjelajah alam yang dapat mewujudkan nilai sosial dan rasa menghargai alam sebagai anugerah Tuhan YME serta mengabdi terhadap almamater, masyarakat, bangsa dan negara.

 Misi PPA MAPANJALA

Membentuk pribadi yang berinsan akademis, bertanggung jawab, berbakti, berdisiplin dan bergotong royong, serta memupuk rasa persaudaraan.

Salam penjelajah!

Mandala Pancakarsa Jagad Laksana, sebuah nama yang berasal dari bahasa Sansekerta yang kemudian disingkat menjadi MAPANJALA.

PPA MAPANJALA berawal ketika tujuh orang mahasiswa FH Unpad kelas sore Angkatan 2008 punya hobi yang sama, yaitu berkegiatan di alam bebas. Ketujuh perintis tersebut ialah:

  • Reza Pratama (MPL. 001/I/2010)
  • Iswan Habibie Lubis (MPL. 002/I/2010)
  • John Paul Gregorius Wantah (MPL. 003/I/2010)
  • Dolly Mustafa Sulaiman Sitompul (MPL. 004/I/2010)
  • Yonan Yoga Sugama (MPL. 005/I/2010)
  • Faris Kifahi (MPL. 006/I/2010)
  • Berry Tampubolon (MPL. 007/I/2010)

 

Kegiatan PPA MAPANJALA mencakup Gunung Hutan (Mountaineering), Arung Jeram (Rafting), Panjat Tebing (Rock Climbing) dll.

Tujuan PPA MAPANJALA ialah agar mahasiswa FH Unpad dapat memiliki wadah bagi mereka yang suka berkegiatan di alam bebas. Langkah awal MAPANJALA ialah mencari Instruktur yang dapat membimbing para perintis untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Setelah mendapat Instruktur yang tepat, ketujuh anggota berhasil melewati DIKLATSAR (Pendidikan dan Latihan Dasar) melalui proses yang tidak mudah. Secara resmi PPA MAPANJALA berdiri pada 29 Maret 2010.

Untuk memulai regenerasi anggota, dibukalah Open Recruitment (OPREC) pertama untuk mahasiswa FH UNPAD yang tertarik bergabung dengan PPA MAPANJALA. Meyda Rusmita, Arwita Suci Pamungkas Sari, Andhini Putri dan Haris Adhi Putra adalah mahasiswa pertama yang bergabung dan menjadi Angkatan II PPA MAPANJALA.

Selama tiga tahun sejak 2009 hingga 2011, ketujuh anggota angkatan perintis menyiapkan AD/ART Organisasi serta struktur kepengurusan agar PPA MAPANJALA diakui dan disahkan menjadi UKMF di FH Unpad.

Pada Kongres BEM FH Unpad, PPA MAPANJALA mengajukan diri untuk menjadi UKMF di FH Unpad dan disetujui oleh BPM, BEM dan UKMF-UKMF FH UNPAD lainnya yang kemudian merekomendasikan PPA MAPANJALA pada pihak Dekanat untuk mendapatkan SK (Surat Keputusan) mengenai legalitas PPA MAPANJALA di FH Unpad.

PPA MAPANJALA berterima kasih yang sebesar-besarnya pada BPM, BEM, ALSA, MCC, SSFDR, KSH, GAMASIS, PMK, VONIS yang telah membantu PPA MAPANJALA disahkan menjadi UKMF FH Unpad. Kami PPA MAPANJALA FH Unpad mengharapkan adanya kerja sama dengan BPM, BEM, UKMF dan mahasiswa FH Unpad untuk berkegiatan alam bebas bersama.

“Pergilah keluar, nikmatilah alam ini dan gunung bisa jadi guru yang baik” -Junko Tabei (Penjelajah Jepang, pendaki wanita pertama yang mencapai Puncak Everest)

Empty section. Edit page to add content here.
Mabim Navigasi Darat Anggota Muda Angkatan VIII PPA Mapanjala
165688
165686
165679
165675

KAMI DITEMPA BUKAN UNTUK BERANI MATI, TETAPI KAMI DITEMPA UNTUK BERANI HIDUP

BERITA
    • Line: @NIC1752I
    • Instagram: @mapanjala
    • Twitter: @mapanjala