Selamat Datang di Cyber Law Center

Tentang Kami

Cyber Law Center, Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran merupakan sebuah pusat studi hukum dan kebijakan, khususnya di dalam bidang hukum siber (dikenal juga dengan sebutan hukum teknologi informasi dan komunikasi atau Cyber Law). Perkumpulan para ahli-ahli hukum siber ini didirikan atas prakarsa  Prof. Dr. Mieke Komar, S.H., MCL. CN. dan Prof. Dr. H. Ahmad M. Ramli, S.H.,M.H., FCB.Arb. pada tahun 2002 di Bandung, saat pembahasan mengenai rancangan undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik mengemuka. Para anggota Cyber Law Center FH Unpad memiliki kemauan berpartisipasi dan menyalurkan kemampuan untuk mengupayakan serta mendorong perkembangan pengetahuan masyarakat tentang hukum siber. Pengembangan hukum siber sendiri merupakan salah satu aspek vital dalam mengawal kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, untuk kebaikan umat manusia.

Berbagai kerja sama telah dijalin oleh Cyber Law Center FH Unpad dengan berbagai instansi pemerintahan maupun organisasi internasional dalam rangka mencapai tujuannya, misalnya dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Privacy International (Inggris), International Development Research Centre/IDRC (Canada), dan Swedish International Development Cooperation Agency/SIDA (Swedia). Bentuk kerja sama yang dijalin adalah penyelenggaraan penelitian, edukasi, advokasi serta sosialisasi dalam bidang hukum siber. Para pakar hukum siber di Cyber Law Center Fakultas Hukum Unpad akan senantiasa terus mengembangkan keilmuan dan kemampuan praktis untuk terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak bagi kepentingan nasional masyarakat Indonesia.

Dr. Sinta Dewi S.H. LL. M

Ketua Cyber Law Center
  • Visi

    • Menjadi pusat studi hukum siber terdepan di Indonesia dalam mengawal perkembangan teknologi dan informasi agar digunakan untuk kebaikan umat manusia

  • Misi

    1. Melakukan penelitian, edukasi, advokasi, sosialisasi tentang hukum siber.
    2. Mendorong masyarakat untuk lebih paham tentang hukum siber.

  • Fokus Utama

    1. Penelitian Hukum di bidang hukum siber dan studi kebijakan/regulasi yang berkaitan dengan hukum siber;
    2. Penyebaran informasi;
    3. Pelatihan dan pendidikan;
    4. Advokasi masyarakat Indonesia;
    5. Pengembagan dan pengabdian kepada masyarakat.

Struktur Organisasi

Ruang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Gedung Sri Soemantri Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran

Jalan Imam Bonjol No. 21 Kota Bandung,

Provinsi Jawa Barat, Indonesia