Profile

H. Agus Takariawan S.H., M.H. adalah seorang pengajar dan peneliti dalam bidang Hukum Acara Pidana di Fakultas Hukum, Universitas Padjadjaran. Pada tahun 2005 H. Agus Takariawan pernah dipercaya sebagai Tenaga Ahli di Kamar Pidana Mahkamah Agung. Saat ini H. Agus Takariawan aktif sebagai tenaga ahli di Polda Jawa Barat. Beliau merupakan mediator nasional bersertifikat PMN sejak tahun 2015. Beberapa kali namanya didaulat sebagai saksi ahli dalam berbagai perkara pidana baik pidana umum maupun pidana khusus sampai dengan sekarang di Pengadilan Negeri Bandung, Kabupaten Bandung, Bogor, Sukabumi, Garut, Tasikmalaya, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Surabaya, Bali, Ambon, dll. Sepanjang kariernya di Universitas Padjadjaran H. Agus Takariawan pernah menjadi tenaga staff S2 llmu Hukum pada Program Pascasarjana, Universitas Padjadjaran tahun 2002-2006.

H. Agus Takariawan juga pernah menjadi Ketua Biro Bantuan Hukum Fakultas Hukum, Universitas Padjadjaran pada tahun 2013 hingga 2018. H. Agus Takariawan menyelesaikan pendidikan S1 dengan kekhususan Hukum Pidana pada Fakultas Hukum, Universitas Padjadjaran. Kemudian melanjutkan pendidikan S2 dengan fokus bidang kajian Sistem Peradilan Pidana di Universitas Diponegoro. Saat ini H. Agus Takariawan mengajarkan Mata Kuliah Hukum Pidana, Hukum Acara Pidana, Sistem Peradilan Pidana, Hukum Penitensier, Teknis Pemecahan Kasus, dan Kemahiran Hukum Pidana.

Email

agus.takariawan@unpad.ac.id

Publikasi

• Buku Perlindungan Saksi dan Karban, Penerbit Pustaka Reka Cipta/PRC, Bandung Tahun 2018.  

• Buku Bantuan Hukum di Indonesia dan Non Litigasi pada Biro Bantuan Hukum FH Unpad, Penerbit Puataka Reka Cipta/PRC, Bandung Tahun 2019.

• Buku Hukum Pembuktian Dalam Perkara Pidana, Penerbit Pustaka Reka Cipta/PRC Tahun 2019.

• Jurnal llmu Hukum Universitas Islam Indonesia. Tahun 2019.

• Jurnal Penegakan Hukum FH Unpad, Tahun 2012.