Profile

Mei Susanto, S.H., M.H. adalah dosen dalam bidang Hukum Tata Negara sekaligus tenaga ahli di DPR RI pada tahun 2011 hingga 2019. Mei Susanto juga kerap terlibat sebagai konsultan dalam penyusunan naskah akademik dan perancangan Undang-Undang maupun peraturan daerah. Mei Susanto menempuh pendidikan S1 di Fakultas Hukum, Universitas Padjadjaran. Gelar Magister diperoleh dari Universitas Indonesia pada tahun 2013. Saat ini Mei Susanto sedang mengambil program Doktoral di Universitas Padjadjaran.

Mei Susanto merupakan pengajar dalam bidang Hukum Tata Negara, Hukum Lembaga Negara, Hukum Pemerintahan Daerah, Hukum Hak Asasi Manusia, llmu Perundang-Undangan, Hukum Konstitusi, Politk Hukum, Hukum Islam, dan Perancangan Peraturan Perundang-undangan. Sebagai peneliti dalam bidang lembaga negara, Mei Susanto aktif berkontribusi dalam Pusat Studi Kebijakan Negara Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dan tulisannya telah dijadikan buku dengan judul Hak Budget Parlemen di Indonesia.

Email

m.susanto@unpad.ac.id

Publikasi

  • Plan The Development From The Constitution: Expanding Constitutional Directives In The 1945 Constitution Of Indonesia (Besama Indram Perwira, Ali Abdurahaman, Dan Adnan Yazar), (Conference Proceeding Advancing Rule Of Law In A Global Context, Taylor & Francis Group, London, 2020).
  • Jurnal Mekanisme Pemilihan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (Jurnal Legislasi Vol.4, No.2, Desember 2018).
  • Jurnal Hak Angket Sebagai Fungsi Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat (Jurnal Yudisial Vol. 11, No. 3, Desember 2018).
  • Buku Hak Budget Parlemen Di Indonesia (Jakarta: Sinar Grafika, 2013).
  • Book Chapter: Ancaman Peradaban Negara Hukum Demokratis Indonesia (Dalam Buku Hukum, Hak Asasi, Dan Demokrasi, Bandung: PSKN FH Unpad: 2019)
  • Book Chapter: Penguatan Prolegnas Sebagai Dasar Politik Pembentukan Perundang-Undangan (Dalam Buku Strategi Perampingan Dan Harmonisasi Regulasi Pusat Dan Daerah: Jakarta: MPR RI, 2017).
  • Book Chapter: Pelembagaan Oposisi Dalam Badan Perwakilan Rakyat Indonesia (Dalam Buku Interaksi Konstitusi Dan Politik: Kontekstualisasi Pemikiran Sri Soemantri: Bandung. PSKN FH Unpad: 2016).