Profile

Dr. Widati Wulandari, S.H., M.Crim. merupakan pengajar pada Departemen Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran sejak tahun 11998. Dr. Widati mengajar mata kuliah Hukum Pidana, Kriminologi, Penanganan Perkara Pidana, Hukum Pidana Internasional, Cyber Law, Klinik Anti Korupsi, dan Hukum Hak Asasi Manusia. Dr. Widati meraih gelar Sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran pada tahun 1996. Kemudian, Dr. Widati menyelesaikan pendidikan S2 di Law Faculty, University of Sydney Australia pada tahun 2003. Selanjutnya lulus dari Program Doktor llmu Hukum Universitas Padjadjaran pada tahun 2017. Tulisan-tulisan Dr. Widati mengenai perlindungan hukum anak  telah diterbitkan dalam berbagai buku dan jurnal di tingkat nasional. 

Selain sebagai seorang aktivis perlindungan anak, Dr. Widati juga aktif sebagai seorang Konsultan Hukum di Biro Bantuan Hukum Universitas Padjadjaran. Dr. Widati juga merupakan Mediator pada Pusat Mediasi Nasional, anggota Jaringan Relawan Independen. Pengurus Indonesian Network for Clinical Legal Education, dan anggota Masyarakat Hukum Pidana Indonesia.

Email

widati.wulandari@unpad.ac.id

Publikasi

  • Pengadilan Setengah Hati: Eksaminasi Publik atas Putusan Pengadilan HAM Kasus Timor Timur, Elsam, jakarta, 2008.
  • Public Emergency sebagai Alasan Mengenyampingkan Kewajiban Negara di Bawah ICCPR: Reaksi terhadap Terorisme, Jumal Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Vol. I, No. 1 Juli 2013.
  • Pembangunan Hukum Pidana: Pluralisme Hukum dalam RKUHP, Bab Buku dalam Hukum Pidana Indonesia: Perkembangan dan Pembaharuan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2013.
  • Kekerasan dalam Rumah Tangga, Bab Buku dalam Hukum Perlindungan Perempuan & Anak, USAID, The Asia Foundation, Kemitraan, Jakarta, 2015.
  • Perlindungan Hukum terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum dalam Sistem Peradilan Pidana Indonesia, Bab Buku dalam Hukum, Perindungan Perempuan & Anak, USAID, The Asia Foundation, Kemitraan, Jakarta, 2015.
  • Asas Legalitas dalam hukum Acara Pidana: Kritikan tethadap Putusan MK tentang Praperadilan, Jurnal Hukum lus Quia lustum, Vol. 22, No. 4 Oktober 2015.
  • Problematika Pengertian Aanslag-Aansiag tot en feit: Perbandingan Makar dalam KUHP, WvSNI, dan Sr. Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 4, No. 3 Tahun 2017.
  • Hate Crimes di indonesia, Veritas et Justitia, Jurmal Iimu Hukum, Vol. 3, No. 1 Juni 2017.
  • Manajemen Penanganan Konflik Sosial dalam Perspektif Hukum, Bab Buku dalam Tinjauan Teoritis Manajemen Konflik Sosial dan Hukum, Pandiva Buku, Yogyakarta, 2020.