Fakultas Hukum Menyelenggarakan Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021

31 Agu Fakultas Hukum Menyelenggarakan Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021

Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru tahun akademik 2020/2021, Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran menyelenggarakan prosesi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Agustus 2020. Prosesi ini diselenggarakan secara hybrid yakni secara dari daring dan luring. PMB ( penerimaan mahasiswa baru) secara luring diselenggarakan di Auditorium Lantai 4 Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja  dengan mengikuti protokol kesehatan yang dihadiri oleh pimpinan Fakultas, Ketua dan Sekretaris Senat serta Ketua Program Studi, sementara mahasiswa mengikuti prosesi PMB secara daring di rumah masing-masing melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum, Prof. Dr. An An Chandrawulan . S.H, LL.M menyampaikan bahwa Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakan secara online (daring) karena pandemi Covid-19. Namun demikian, hal tersebut tidak mengurangi semangat dan kebahagiaan kita semua, terutama para mahasiswa baru. Terkait dengan proses pembelajaran semester ini khususnya pada program Studi Magister dan Doktor akan diselenggarakan secara hybrid, yaitu kombinasi secara daring dan tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dekan beserta Wakil Dekan FH Unpad menyampaikan laporan dalam prosesi PMB 2020/2021.

Dalam laporannya, Wakil Dekan Fakultas Hukum, R. A. Gusman Catur Siswandi, S.H, LL.M, Ph,D menyampaikan bahwa di tahun akademik ini diterima sejumlah 567 orang mahasiswa baru. Jumlah ini terdiri dari 20 orang diterima di Program Doktor (S3), 130 orang diterima di Program Magister yang terdiri dari Magister Ilmu Hukum dan Magister Kenotariatan, dan 417 orang diterima di Program S1. Penerimaan Mahasiswa Program S1 di Fakultas Hukum Unpad masih tercatat pada angka ketetatan yang tinggi, untuk jalur SNMPTN tercatat 1.272 peminat dan jumlah yang diterima sebanyak 82, untuk jalur SBMPTN tercatat 3.105 peminat dan jumlah yang diterima sebanyak 170 orang, sedangkan jalur mandiri tercatat 2.808 peminat dan jumlah yang diterima sebanyak 165 orang. Hal tersebut, tentunya telah sejalan dengan visi Program Studi Sarjana Fakultas Hukum Unpad untuk menjadi program studi S1 Ilmu Hukum yang menyelenggarakan pendidikan hukum yang berfungsi sebagai sarana pembaharuan masyarakat dan memiliki keunggulan serta reputasi tinggi di tingkat nasional dan internasional di tahun 2026. Adapun berdasarkan laporan registrasi Universitas, dari  jumlah mahasiswa yang diterima  hingga Sabtu pagi 29 Agustus 2020 tercatat sebanyak 323 orang yang telah menyelesaikan proses registrasi.

Selain itu, berdasarkan laporan hasil kegiatan PMB setiap Program Studi  yang dilaksanakan di hari yang sama,  tercatat bahwa berdasarkan Jalur Penerimaan Mandiri Unpad jumlah peminat untuk Program Studi selain Sarjana adalah sebagai berikut: Program Studi Magister Ilmu Hukum pada tahun akademik 2020/2021 ini memiliki peminat sebanyak 69 orang dan yang diterima sebanyak 50 orang dengan berbagai pilihan peminatan yang diantaranya  Hukum Pidana, Hukum Internasional, Hukum Bisnis, Hukum Kekayaan Intelektual, Hukum Tata Negara dan Hukum Kesehatan. Meningkatnya peminat dan penerimaan mahasiwa baru untuk Program Magister Ilmu Hukum diharapkan akan dapat senantiasa menjaga lulusan profesional dan berkualitas.

Untuk Program Studi Doktor Ilmu Hukum, Ketua Program Studi yang diwakilkan oleh Staff Program Studi Doktor Ilmu Hukum menjelaskan bahwa pada tahun akademik 2020/2021 ini sebanyak 22 orang yang berminat masuk pada Program Doktor Ilmu Hukum dan telah mengikuti seleksinya. Adapun berdasarkan hasil seleksi tersebut, jumlah mahasiswa yang diterima adalah sebanyak 20 orang.

Kegiatan PMB untuk Program Magister Kenotariatan baru akan dilaksanakan pada Hari Selasa tanggal 2 September 2020, dan berdasarkan hasil laporan penerimaan mahasiswa baru melalaui jalur mandiri Unpad sebanyak 95 orang telah berminat serta mengikuti seleksi masuk Program Magister Kenotariatan  dan yang diterima sebanyak 80 orang.

Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa baru di setiap Program Studi Fakultas Hukum Unpad dilaksanakan dengan tujuan untuk pemberitahuan informasi terkait dengan Tata Cara Pembelajaran serta Pedoman Pendidikan dan Akademik baik Program Studi Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan dan Doktor Ilmu Hukum, oleh masing-masing Ketua Prodi.

release: Unit Internasionalisasi FH Unpad

english ver: https://fh.unpad.ac.id/faculty-of-law-universitas-padjadjaran-orientation-program-for-2020-2021-academic-year/