Penyalahgunaan Sarana Telekomunikasi untuk Kejahatan dan Penipuan: Aspek Hukum dan Non-Hukum

02 Sep Penyalahgunaan Sarana Telekomunikasi untuk Kejahatan dan Penipuan: Aspek Hukum dan Non-Hukum

Asian Law Students’ Association Local Chapter Universitas Padjadjaran (ALSA LC Unpad) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Dalam rangka menunjang kinerja Board ALSA LC Unpad dalam melaksanakan Program Kerja terkhusus dalam bidang akademik, maka dalam hal ini mengadakan Webinar yang mengusung tema “Penyalahgunaan Sarana Telekomunikasi untuk Kejahatan dan Penipuan: Aspek Hukum dan Non-Hukum”.

Keynote Speech dari Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, S.H., M.H., FCB.Arb. (Dirjen Penyelenggaraan Pos & Informatika (PPI) Kominfo RI)

Adapun webinar ini diawali dengan Welcoming Speech dari Prof. Dr. An An Chandrawulan, S.H., LL.M selaku Dekan Fakultas Hukum Unpad,  Keynote Speech dari Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, S.H., M.H., FCB.Arb. (Dirjen Penyelenggaraan Pos & Informatika (PPI) Kominfo RI) yang dalam webinar ini beliau berharap kegiatan webinar ini dapat mengatasi segala penyalahgunaan Telekomunikasi untuk kejahatan maupun penipuan. Maka dari itu, kami selaku mahasiswa Fakultas Hukum, tertarik untuk mendapatkan pembahasan mengenai hal tersebut secara lebih komprehensif dari narasumber yang telah mumpuni pada bidangnya.

Asian Law Students’ Association Local Chapter Universitas Padjadjaran (ALSA LC Unpad) dalam webinarnya berhasil menghadirkan 3 narasumber ternama dan mempunyai kredibilitas tinggi yang ahli pada bidangnya seperti, Bapak Merza Fachys selaku CEO PT. Smartfren Telecom .Tbk, Ibu Dr. Hj. Sinta Dewi, S.H.,LL.M. selaku Kepala Pusat Studi Cyber Law Fakultas Hukum UNPAD, dan Bapak Indra Maulana, S.H.,LL.M selaku Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Setditjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kehadiran webinar ini selaras dengan kondisi saat masa pandemi. Dimana memiliki tujuan salah satunya untuk : Menjadikan Webinar sebagai wadah narasumber untuk memberikan dan sharing ilmu sesuai dengan isu yang sedang diperbincangkan. ALSA Webinar with Kominfo dan FH Unpad ini juga merupakan suatu rangkaian acara yang bertujuan guna meningkatkan kualitas sumber daya serta melatih sasaran Peserta Mahasiswa untuk menjadi Sarjana Hukum yang kompeten dan menambah pengetahuan mengenai peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait isu yang sedang diperbincangkan. Acara telah dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Rangkaian dari kegiatan acara ini diharapkan juga dapat berdampak dan mempengaruhi berbagai sendi kehidupan di setiap lapisan masyarakat, khususnya elemen teknologi dan intelektual semasa transisi ke era new normal di masa pandemi.

rilis: Humas Unpad, Unit Internasionalisasi FH